Pertama Kali Liburan Ke Jepang, Biasakan Dirimu Dengan Hal Ini

Jepang memang jadi negara impian sebagian besar orang. Terutama bagi orang Indonesia, Jepang memang jadi salah satu destinasi favorit. Apalagi setelah Jepang makin berkomitmen menyediakan wisata halal, makin banyak deh turis muslim Indonesia yang nyaman liburan di Jepang. Nah, kalau kamu berencana untuk liburan ke Jepang pertama kalinya, ada beberapa hal yang perlu sekali untuk diperhatikan dan dijadikan kebiasaan seperti berikut ini:

Belajar tepat waktu                                       

Orang Indonesia mungkin sudah biasa dengan yang namanya jam karet. Bahkan tak cuma untuk hal personal, sistem di Indonesia pun terkenal dengan jam karetnya. Sebut saja jadwal kereta api dan juga pesawat yang sering terlambat tak hanya beberapa menit tapi hingga beberapa jam. Nah, kamu bisa jadi kaget kalau berkunjung ke Jepang karena segala sesuatunya sangat tepat waktu. Kalau tiket kereta atau busmu bertuliskan berangkat jam 8.32, maka kereta benar-benar akan berangkat di jam tersebut. Tak ada ceritanya kereta menunggu hingga penumpang penuh. Maka dari itu, kamu harus belajar untuk tepat waktu sebelum berangkat ke Jepang.

Buang sampah pada tempatnya

Kamu mungkin masih belum bisa melepaskan kebiasaan buruk untuk buang sampah sembarangan. Apalagi di Indonesia ada beberapa tempat publik yang memang tidak disediakan tempat sampah, sehingga harus membuang sampah di tempat lain. Tapi kalau kamu melakukan ini di Jepang, wah bisa-bisa kamu langsung ditangkap dan diberi sanksi. Ya, Jepang merupakan negara yang sangat disiplin bahkan untuk urusan kecil seperti buang sampah. Jadi pastikan tidak melakukan hal-hal yang bisa merugikanmu dan membuatmu terkena denda, ya.

Liburan ke Disnyland Jepang

Tata cara makan

Orang Jepang memiliki kebiasaan makan yang cukup berbeda dibanding dengan orang Indonesia. Mereka makan dengan sumpit dan cukup banyak restoran di Jepang yang tidak menyediakan sendok dan juga garpu. Jadi kalau kamu memang belum terbiasa makan pakai sumpit, tak ada salahnya untuk membawa sendok dan garpu sendiri. Selain itu, ketahui juga  kalau orang Jepang kurang suka menambahkan banyak bumbu dalam masakan. Mereka juga tak bisa makan pedas, jadi jangan berharap bisa menemukan makanan pedas di Jepang.

Bertegur sapa dengan orang lain

Indonesia selama ini dikenal sebagai negara yang ramah dan terbuka terhadap orang asing. Tapi kalau kamu berada di Jepang, jangan berharap akan jadi pusat perhatian atau disapa banyak orang ya. Sebab di sana penduduknya terkenal sangat individualis dan jarang mau tahu urusan orang lain. Jadi kamu pun harus berhati-hati kalau mau bertanya atau meminta tolong kepada orang Jepang. Pastikan kamu meminta bantuan dengan sopan dan menerima kalau memang mereka menolaj untuk membantu.

Di Jepang juga ada beberapa aturan tak tertulis mengenai kebiasaan di kendaraan umum. Di sana sangat tidak lazim orang yang bersenda gurau dengan suara keras atau sibuk berbincang di telepon saat berada di area umum. Membuat berisik atau hal semacam itu juga dianggap mengganggu ketertiban umum sehingga kamu bisa mendapat masalah jika melakukannya.