Travel Blog

Pertama Kali Liburan Ke Jepang, Biasakan Dirimu Dengan Hal Ini

Pertama Kali Liburan Ke Jepang, Biasakan Dirimu Dengan Hal Ini

Jepang memang jadi negara impian sebagian besar orang. Terutama bagi orang Indonesia, Jepang memang jadi salah satu destinasi favorit. Apalagi setelah Jepang makin berkomitmen menyediakan wisata halal, makin banyak deh turis muslim Indonesia yang nyaman liburan di Jepang. Nah, kalau kamu berencana untuk liburan ke Jepang pertama kalinya, ada beberapa hal yang perlu sekali untuk diperhatikan dan dijadikan kebiasaan seperti berikut ini:

Belajar tepat waktu                                       

Orang Indonesia mungkin sudah biasa dengan yang namanya jam karet. Bahkan tak cuma untuk hal personal, sistem di Indonesia pun terkenal dengan jam karetnya. Sebut saja jadwal kereta api dan juga pesawat yang sering terlambat tak hanya beberapa menit tapi hingga beberapa jam. Nah, kamu bisa jadi kaget kalau berkunjung ke Jepang karena segala sesuatunya sangat tepat waktu. Kalau tiket kereta atau busmu bertuliskan berangkat jam 8.32, maka kereta benar-benar akan berangkat di jam tersebut. Tak ada ceritanya kereta menunggu hingga penumpang penuh. Maka dari itu, kamu harus belajar untuk tepat waktu sebelum berangkat ke Jepang.

Buang sampah pada tempatnya

Kamu mungkin masih belum bisa melepaskan kebiasaan buruk untuk buang sampah sembarangan. Apalagi di Indonesia ada beberapa tempat publik yang memang tidak disediakan tempat sampah, sehingga harus membuang sampah di tempat lain. Tapi kalau kamu melakukan ini di Jepang, wah bisa-bisa kamu langsung ditangkap dan diberi sanksi. Ya, Jepang merupakan negara yang sangat disiplin bahkan untuk urusan kecil seperti buang sampah. Jadi pastikan tidak melakukan hal-hal yang bisa merugikanmu dan membuatmu terkena denda, ya.

Liburan ke Disnyland Jepang

Tata cara makan

Orang Jepang memiliki kebiasaan makan yang cukup berbeda dibanding dengan orang Indonesia. Mereka makan dengan sumpit dan cukup banyak restoran di Jepang yang tidak menyediakan sendok dan juga garpu. Jadi kalau kamu memang belum terbiasa makan pakai sumpit, tak ada salahnya untuk membawa sendok dan garpu sendiri. Selain itu, ketahui juga  kalau orang Jepang kurang suka menambahkan banyak bumbu dalam masakan. Mereka juga tak bisa makan pedas, jadi jangan berharap bisa menemukan makanan pedas di Jepang.

Bertegur sapa dengan orang lain

Indonesia selama ini dikenal sebagai negara yang ramah dan terbuka terhadap orang asing. Tapi kalau kamu berada di Jepang, jangan berharap akan jadi pusat perhatian atau disapa banyak orang ya. Sebab di sana penduduknya terkenal sangat individualis dan jarang mau tahu urusan orang lain. Jadi kamu pun harus berhati-hati kalau mau bertanya atau meminta tolong kepada orang Jepang. Pastikan kamu meminta bantuan dengan sopan dan menerima kalau memang mereka menolaj untuk membantu.

Di Jepang juga ada beberapa aturan tak tertulis mengenai kebiasaan di kendaraan umum. Di sana sangat tidak lazim orang yang bersenda gurau dengan suara keras atau sibuk berbincang di telepon saat berada di area umum. Membuat berisik atau hal semacam itu juga dianggap mengganggu ketertiban umum sehingga kamu bisa mendapat masalah jika melakukannya.

Jalan-Jalan Ke Negara Tetangga, Jangan Lupa Lakukan Hal Ini

Jalan-Jalan Ke Negara Tetangga, Jangan Lupa Lakukan Hal Ini

Well, jalan-jalan keliling Eropa memang terdengar jauh lebih keren dibanding jalan-jalan keliling Asia. Tapi kalau memang dana belum cukup untuk membawamu keliling Eropa, maka Asia bisa jadi tempat terbaik untuk memulai petualanganmu. Meski berada di satu benua yang sama, tapi di negara-negara Asia lain ada banyak sekali hal menarik yang bisa kamu dapatkan. Supaya perjalananmu nanti jadi lebih berkesan, ada beberapa hal yang perlu kamu coba seperti berikut ini:

Menginap di pemukimam warga lokal

Siapa yang yang tak suka menginap di hotel mewah yang fasilitasnya super lengkap dan terletak di daerah elit? Hal tersebut mungkin jadi liburan impian banyak orang. Tapi ketika kamu berada di negara-negara Asia yang kaya akan budaya, tak ada yang lebih baik selain merasakan pengalaman langsung berinteraksi dengan penduduk lokal. Untuk itu, akan lebih menyenangkan kalau kamu bisa tinggal di hotel yang terletak berdekatan dengan perkampungan lokal. Atau bahkan lebih keren lagi kalau kamu bisa menginap di rumah penduduk lokal yang menyediakan fasilitas home stay.

Mencoba makanan-makanan tradisional

Rugi sekali kalau kamu berkunjung ke negara-negara di Asia tapi malah makan di restoran franchise Amerika. Padahal banyak sekali keragaman rasa yang bisa kamu coba. Apalagi kebanyakan negara di Asia juga memakai rempah yang kaya seperti halnya Indonesia, terutama di wilayah Asia Tenggara. Jadi pastikan kamu selalu mencoba makanan tradisional saat singgah di sebuah negara. Street food juga jadi hal wajib yang harus kamu coba. Selain harganya yang murah, rasanya pun juga super enak dan bikin ketagihan.

Liburan Ke Negara Tetangga

Datang ke tempat wisata tersembunyi

Biasanya, tempat wisata terkenal di sebuah negara bisa dengan mudah diketahui dari internet. Dan saat kamu berkunjung ke sana, dijamin tempat tersebut akan sangat ramai dengan turis lain. Jadi dari pada kamu berkunjung ke tempat-tempat yang sudah bisa dilihat keindahannya melalui Google, lebih baik cari tempat wisata tersembunyi yang belum banyak diketahui wisatawan. Biasanya tempat-tempat seperti ini hanya bisa diketahui dari rekomendasi warga lokal.

Mencoba belajar bahasa setempat

Liburan bukan cuma tentang mengambil foto-foto bagus. Ada banyak hal lain yang layak kamu coba, salah satunya belajar bahasa lokal. Kamu mungkin merasa kalau mempelajari bahasa baru akan terasa sangat sulit. Tapi ketika kamu bisa mempraktekkannya secara langsung, maka kamu akan merasa lebih mudah untuk menguasai bahasa tertentu. Selain itu, bisa bicara bahasa lokal juga akan membantumu untuk menawar barang  belanjaan sehingga bisa mendapatkan harga lebih terjangkau. Memahami bahasa setempat juga menghindarkanmu dari salah paham yang mungkin terjadi dengan sopir maupun guide.

Ada banyak hal berharga yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke negara-negara Asia. Pastikan untuk selalu mencari tahu tentang tempat yang akan kamu kunjungi dan persiapkan berbagai bawaan yang akan kamu butuhkan di sana. Percayalah, jalan-jalan di Asia juga tak kalah seru kok, dengan mengunjungi Perancis atau Italia!

Backpacking Keliling Asia, Pastikan Hindari Melakukan Hal Ini

Backpacking Keliling Asia, Pastikan Hindari Melakukan Hal Ini

Untuk kamu yang hobi travelling dang ingin mengawalinya dengan berkeliling negara-negara di Asia, backpacking memang jadi cara terbaik untuk dilakukan. Negara-negara di Asia  memang relatif mudah dikunjungi dengan jalur darat, sehingga backpacking akan menjadi cara yang  praktis dan hemat untuk bepergian. Tapi di sisi lain, ada beberapa hal yang perlu kamu hindari saat backpacking supaya tak merasakan pengalaman pahit selama travelling.

Naik taksi tanpa bertanya tarif terlebih dahulu

Kamu mungkin merasa lelah jika terus berjalan kaki dan sesekali ingin menuju ke suatu tempat dengan nyaman menggunakan taksi. Hal ini sama sekali tidak salah, namun di sisi lain ada bahaya yang mengintai saat kamu naik taksi di negara-negara Asia. Sama halnya seperti di Indonesia, oknum di sana juga selalu ingin memanfaatkan para wisatawan asing. Kendala bahasa menjadikan mereka makin leluasa untuk melakukan penipuan, salah satunya dengan meminta bayaran taksi jauh lebih mahal dari aslinya. Jadi sebelum naik taksi, pastikan sepakati pembayaran terlebih dahulu.

Mengunjungi tempat wisata mainstream

Setiap negara pastilah mempunyai tempat wisata mainstream yang pasti akan dikunjungi setiap turis yang datang. Tapi di sisi lain, di temapt wisata seperti ini juga banyak jebakan yang bisa menghabiskan pundi-pundi tabungan. Tak jarang barang-barang dan makanan dijual dengan harga super mahal melebihi aslinya. Tapi kalaupun kamu sudah berniat datang ke tempat wisata mainstream seperti ini, pastikan untuk tidak membeli apapun di sana. Lebih baik tahan lapar dan cari restoran yang berada di luar wilayah tersebut.

Mengunjungi tempat wisata mainstream

Makan sembarangan tanpa mengecek bahan bakunya

Salah satu kebiasaan keliru yang juga sering dilakukan para backpacker saat traveling di wilayah Asia adalah mencoba berbagai street food tanpa pikir panjang. Ya, tampilan menggoda dari street food yang dijual memang tak mungkin ditolak. Tapi kamu juga harus ingat, di Asia ada banyak sekali bahan eksotis yang mungkin dicampurkan dalam makanan dan bisa jadi memberikan reaksi alergi untuk kamu. Jadi kamu bisa mencoba untuk Googling terlebih dahulu sebelum mencoba setiap jajanan lokal yang kamu temui di sana.

Menginap di hotel

Apa salahnya menginap di hotel? Kamu mungkin berpikir kalau hotel adalah tempat paling nyaman untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh. Tapi sebenarnya dibanding hotel ada banyak tempat penginapan lain yang memberikan lebih banyak fasilitas dengan harga terjangkau. Kamu bisa mencoba memilih tidur di hostel yang jam check in dan check outnya lebih fleksibel. Seringkali juga ada dapur yang bisa digunakan untuk memasak sehingga kamu dapat menghemat pengeluaran membeli makanan.

Nah, meski kamu juga tinggal di Asia, tapi akan ada banyak perbedaan yang ada antara Indonesia dan negara lain di Asia. Jadi sebelum kamu berangkat ke sana, pastikan mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk memperkaya pengetahuan tentang kebiasaan dan budaya di negara yang akan kamu kunjungi. Hal tersebut tentu akan menjadikan perjalananmu jauh lebih aman dan menyenangkan.

Backpacking Keliling Asia Tenggara, Barang-Barang Ini Wajib

Backpacking Keliling Asia Tenggara, Barang-Barang Ini Wajib

Selama ini Asia Tenggara mungkin terdengar membosankan untukmu. Bagaimana tidak, sejak SD sampai SMA, sudah ada banyak sekali pelajaran mengenai negara-negara di Asia Tenggara. Kamu mungkin juga mengira kalau negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara memiliki kebudayaan dan makanan yang tak jauh berbeda dari Indonesia. Tapi kamu tak sepenuhnya benar. Sebab meski berada di wilayah yang sama, ada banyak sekali hal baru yang akan kamu temukan saat berkunjung ke negara-negara Asia Tenggara.

Nah, backpacking merupakan cara yang paling disarankan untuk menjelajahi negara di Asia Tenggara. Dan saat melakukan backpacking ini, ada beberapa benda wajib yang harus ada di dalam ranselmu. Berikut informasinya:

Obat-obatan

Kamu mungkin bisa membeli obat di apotek saat sakit di negara orang. Tapi masalahnya, belum tentu semua obat yang dijual di sana cocok untukmu. Apalagi kendala bahasa juga bisa membuatmu bingung untuk mendapatkan obat yang tepat. Maka dari itu, pastikan untuk selalu membawa obat dari Indonesia, seperti obat flu, diare, pusing, sakit gigi, koyo, balsem, dan juga vitamin C. Jangan lupa juga membawa obat luar seperti obat merah dan juga plester.

Peralatan mandi

Ya, kamu pasti bisa dengan mudah menemukan peralata mandi di negara lain. Tapi dari pada beli lagi dan harganya mahal, akan jauh lebih baik kalau membawa dari Indonesia. Pastikan kamu tidak membawa sampo atau sabun cair dalam kemasan besar karena ada larangan membawa cairan di atas 100 ml saat naik pesawat. Kamu bisa memasukkan semua peralatan mandi ke dalam satu tas plastik yang anti basah.

Pakaian

Yang ini sih, jelas tak boleh ketinggalan. Kamu bisa membawa beberapa lembar kaos dan satu celana panjang serta satu celana pendek. Tak perlu membawa kemeja atau pakaian tebal sebab negara Asia Tenggara mayoritas panas sehingga mungkin tak akan terpakai. Kamu juga sebaiknya membawa satu sepatu dan satu sandal yang bisa dipakai bergantian.

Backpacking Keliling Asia

Gadget dan aksesorisnya

Hal penting yang harus diperhatikan saat traveling ke luar negeri adalah membawa international plug. Sebab beberapa negara memiliki colokan yang berbeda, misalnya saja Singapura di mana colokannya adalah yang memiliki 3 lubang. Selain itu, jangan lupa juga membawa power bank, game agen poker uang asli dan headset untuk menemani perjalananmu.

Tas pinggang

Saat backpacking, kamu tak perlu terlalu banyak membawa tas. Cukup satu buah carrier besar rasanya sudah lebih dari cukup. Namun jangan lupa untuk membawa tas pinggang kecil yang bisa dipakai untuk menyimpan dokumen penting seperti paspor dan juga uang tunai serta kartu debit. Pilih tas yang ukurannya kecil sehingga bisa dimasukkan ke dalam baju dan tidak terlihat mencolok.

Dengan persiapan yang menyeluruh, perjalananmu keliling Asia Tenggara akan jadi lebih menyenangkan. Oh iya, jangan lupa juga untuk membawa kamera sehingga bisa mengabadikan setiap momen perjalanan yang kelak bisa dilihat lagi saat kamu sudah berada di Indonesia.

6 Pusat Perbelanjaan yang Kamu Kunjungi di Brunei Darussalam

6 Pusat Perbelanjaan yang Kamu Kunjungi di Brunei Darussalam

Memang jika dibandingkan dengan Malaysia, Singapura atau juga Thailand, Brunei Darussalam bukanlah negara tujuan wisata belanja yang ada di Asia Tenggara. Hanya saja, jika kamu berada atau sedang berlibur ke negara ini dan sedang ingin berbelanja, maka beberapa tempat belanja di Brunei Darussalam ini dapat kamu kunjungi.

Yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah Complex

Yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah Complex

Yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah Complex merupakan komplek belanja yang terletak di Jalan Kumbang Pasang, Bandar Seri Begawan BS8711. Yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah Complex bukan hanya sebuah tempat perbelanjaan saja melainkan juga menjadi satu komplek dengan sekolahan dan juga tempat peribadatan. Barang-barang yang banyak dijual di Yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah Complex adalah pakaian dan perhiasan.

Giant Tasik Rimba Mall

Giant Tasik Rimba Mall

Giant Tasik Rimba Mall adalah sebuah mall yang terletak di Rimba Tasik, Kampung Rimba, Mukim Gadong, Bandar Seri Begawan. Di mall satu ini terdapat banyak tempat yang menjual berbagai produk mulai dari pakaian sampai dengan perhiasan. Tidak hanya itu saja, ada pula tempat makan franchise terkenal dunia seperti KFC di tempat ini yang bersaing dengan beberapa tempat makan dan restoran lokal lain, seperti Giant FoodCourt, Rasa Mas Restaurant, Jollibee Restaurant, Dayang Restaurant dan Sotorindu Restaurant.

Times Square Shopping Centre

Terletak di Jalan Komersial Jaya Setia, Bandar Seri Begawan, Times Square Shopping Centre merupakan tempat belanja yang dapat dicapai dalam beberapa menit saja dari airport internasional Brunei Darussalam. Dapat dikatakan bahwa Times Square Shopping Centre ini adalah pesaing terdekat The Mall karena di dalamnya terdapat berbagai macam toko yang menjual banyak produk sampai dengan bioskop serta restoran atau tempat makan. Bahkan tidak hanya itu saja, terdapat juga in-house hotel di Times Square Shopping Centre ini.

Annajat Complex

Annajat Complex

Pusat perbelanjaan besar lain yang dimiliki Brunei Darussalam adalah Annajat Complex. Di tempat ini, kamu tidak hanya dapat berbelanja produk-produk yang diinginkan, namun juga dapat menginap karena terdapat fasilitas hotel yang disediakan oleh pihak pengelola. Hanya saja, jika dibandingkan dengan banyak pusat-pusat perbelanjaan lainnya, Annajat Complex masih belum terlalu terkenal karena pembangunannya juga masih tergolong baru.

Mabohai Shopping Complex

Mabohai Shopping Complex merupakan pusat perbelanjaan yang berorientasi untuk menjual berbagai produk yang diperlukan oleh para anggota keluarga. Walaupun begitu, pihak pengelola Mabohai Shopping Complex tidak serta merta terfokus untuk satu hal itu saja karena mereka juga mempersilakan banyak tempat belanja sampai dengan restoran lain yang berorientasi pada profit. Bahkan ada pula restoran sampai dengan cafe-cafe franchise terkenal dunia yang berada di Mabohai Shopping Complex ini, seperti salah satunya adalah Starbuck.

Gadong Night Market

Gadong Night Market

Bagi yang malas atau bosan dengan pusat-pusat perbelanjaan di mall, maka Gadong Night Market adalah tempat lain di Brunei Darussalam yang dapat dituju. Gadong Night Market merupakan pasar yang mana mayoritas item yang diperdagangkan adalah jenis makanan. Di tempat ini, kamu juga dapat menjumpai sekaligus mencicipi makanan-makanan khas asli Brunei Darussalam.

7 Wisata Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Korea Utara

7 Wisata Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Korea Utara

Jika dibandingkan dengan Korea Selatan, Korea Utara dapat dikatakan sangat terbelakang dari segala hal. Pasalnya, semua hal yang ada dan berlaku di masyarakat harus sesuai dengan yang dianjurkan, dicontohkan atau diperintahkan oleh negara. Ada sanksi yang serius bagi yang melanggar aturan yang telah ditetapkan.

Tidak hanya kaku dan otoriter, Pemerintah Korea Utara juga terkesan mengasingkan diri dari hingar bingar dunia luar. Oleh karenanya, perkembangan dan kemajuan peradaban di Korea Utara seakan berhenti atau berjalan di tempat di mana banyak negara lain yang sudah berkembang pesat.

Walaupun begitu, bukan berarti Korea Utara bukanlah negara yang tidak layak dikungjungi. Ada beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika kamu mendapatkan kesempatan untuk pergi ke negara ini. Berikut daftarnya.

  • Kumsusan Memorial Palace

Kumsusan Memorial Palace

Kumsusan Memorial Palace adalah sebuah tempat bersejarah yang terletak di Pyongyang. Memang di Pyongyang ada banyak sekali bangunan bersejarah, namun Kumsusan adalah salah satu yang paling terkenal di antaranya.

  • Kim Il-sung Square

Kim Il-sung Square

Masih di Pyongyang, terdapat sebuah lapangan besar yang terletak di tengah-tengah kota yang dinamakan Kim Il-sung Square. Lapangan berbentuk kotak ini memiliki luas sekitar 75 ribu meter kibik dan mampu menampung lebih dari 100 ribu orang jika berdiri dan berjajar secara rapi di dalamnya. Lapangan satu ini sangat terkenal di Korea Selatan karena sering kali parade militer digelar di tempat tersebut.

  • North Korea Peace Museum

North Korea Peace Museum

Keluar dari Pyongyang, tepatnya di Panmunjeom, terdapat sebuah museum yang bernama North Korea Peace Museum. Tempat ini terletak di dekat Joint Security Area di area demilitarized. Banyak senjata-senjata yang digunakan pada saat Perang Dunia sampai dengan Perang Korea dipamerkan di museum ini.

  • Tomb of King Tongmyong

Tomb of King Tongmyong

Kembali ke Pyongyang, ada sebuah kuil yang dinamakan Tomb of King Tongmyong. Secara total ada lebih dari 60 nisan di daerah ini. Nisan-nisan tersebut merupakan penanda dari makam para raja atau petinggi kerajaan di era kerajaan dahulu. Oleh karenanya, Tomb of King Tongmyong cukup terkenal di Korea Utara.

  • Arch of Triumph

Arch of Triumph

Di Kediri ada sebuah bangunan yang mirip dengan Arc de Triomphe di Paris, Prancis atau Arc de Triomf di Barcelona, Spanyol, yaitu Monumen Simpang Lima Gumul. Ternyata mirip dengan yang ada di Paris, Barcelona atau di Kediri tersebut, di Korea Utara sendiri juga terdapat bangunan sejenis yang dinamakan Arch of Triumph. Bangunan yang terletak di Pyongyang ini dibangun sebagai bentuk tribut kepada perlawanan masyarakat Korea terhadap kekejaman pasukan Jepang tidak hanya pada saat terjadinya Perang Dunia II, melainkan jauh sebelum itu. Arch of Triumph ini dapat dikatakan sebagai tribute arc terbesar di Korea Utara dengan ketinggian nyaris menyampai 60 meter.

  • Pegunungan Changbai

Pegunungan Changbai

Terletak di perbatasan antara Korea Utara dan Cina, terdapat pegunungan yang dikenal dengan nama Pegunungan Changbai. Pegunungan ini kabarnya juga diklaim oleh pihak Rusia. Sayangnya, walaupun bagus, namun justru lebih banyak turis yang berasal dari Cina yang datang ke tempat ini.

  • Juche Tower

Juche Tower

Masih di Pyongyang, terdapat sebuah bangunan tinggi menjulang yang bernama Juche Tower. Menara tersebut merupakan sebuah monumen untuk menunjukkan kehebatan Korea Utara di mata dunia. Ketika memasuki bagian dalam dari Juche Tower, maka kamu dapat melihat pemandangan Pyongyang secara keseluruhan. Tentunya ketika di siang hari melihatnya.

7 Tempat Wisata Alam Menarik yang Dapat Dikunjingi di Mongolia

7 Tempat Wisata Alam Menarik yang Dapat Dikunjingi di Mongolia

Mongolia merupakan sebuah negara yang identik dengan tempat dengan penduduk terpadat kedua di dunia setelah Cina. Walaupun begitu, ada banyak destinasi wisata yang menarik untuk didatangi ketika sedang berlibur ke Mongolia. Berikut ini adalah beberapa tempat di Mongolia yang sangat sayang untuk dilewatkan ketika sedang berada di Mongolia.

  • Gurun Gobi

Gurun Gobi

Gurun memang identik dengan tempat kering, panas dan tidak berpenghungi, namun justru Gurun Gobi di Mongolia ini adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi. Hal itu dikarenakan Gurun Gobi mempunyai bukit yang seakan mampu bernyanyi, yaitu Khongoryn Els. Di Gurun Gobi, kamu dapat menjumpai beruang Gobi yang merupakan satu-satunya beruang yang ada di padang gurun.

Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi Eagle Valley atau sebuah situs yang terlindung karena terletak di himpitan tebing tinggi. Atau juga kamu dapat mengunjungi Bayanzag yang terletak di kawasan Gurun Gobi yang merupakan dasar laut kuno dan sangat cocok didatangi oleh kamu yang tertarik akan dunia paleontologis atau juga sejarah.

  • Danau Khuvsgul

Danau Khuvsgul

Danau Khuvsgul atau yang juga dikenal dengan sebutan Dark Blue Pearl of Mongolia (Mutiara Biru Tua dari Mongolia) ini adalah sebuah destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, di danau ini kamu dapat melihat pemandangan berupa hamparan tanaman hijau yang sangat rimbun dengan kubangan air danau yang terbentuk sekitar hampir 3 juta tahun lalu karena aktivitas tektonik dan airnya berasal dari sekitar 100 sungai di Mongolia yang mengalir ke tempat tersebut.

  • Taman Nasional Terelj

Taman Nasional Terelj

Taman Nasional Terelj merupakan kawasan lindung terbesar di Mongolia. Taman ini memiliki jarak sekitar 80 kilometer dari Ulaanbaatar dan lengkap dengan keindahan alamnya yang terbentuk secara alami dan tetap dipertahankan selama beratus-ratus tahun. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Taman Nasional Terelj, seperti salah satunya adalah kegiatan olahraga ringan bersama rekan atau keluarga.

  • Altai 5 bogd

Altai 5 bogd

Di Mongolia ada 5 puncak tertinggi yang dianggap suci yang mana dikenal dengan nama Altai 5 bogd. Ketika musim dingin tiba pada khususnya, terbentang glacier seluas 23 kilometer kibik yang mana terletak di bawah Tavan Bogd. Selain itu terdapat juga beberapa danau kecil serta air terjun yang menawan. Di tempat ini juga merupakan rumah bagi banyak situs-situs arkeologi yang mana beberapa di antaranya masuk dalam kategori UNESCO World Heritage.

  • Karakorum-Erdenezuu

Karakorum-Erdenezuu

Karakorum-Erdenezuu diyakini sebagai biara Buddha tertua yang masih aktif digunakan sampai sekarang di Mongolia. Lokasinya berdekatan dengan kota kuno, Karakorum. Menurut cerita, biara tersebut dibangun dari batu-batu yang terdapat di kota tua tersebut.

  • Lembah Orkhon

Lembah Orkhon

Lembah Orkhon juga merupakan salah satu situs warisan dunia yang masuk dalam kategori UNESCO World Heritage di mana terdapat banyak tulisan-tulisan dari abad ke-8 di tempat tersebut. Terdapat juga biara Tuvkhun  di Lembah Orkhon. Jika beruntung, ada pemandangan alam spektakuler yang dapat memanjakan mata, yaitu Naiman Nuur atau Eight Lakes serta air terjun Orkhon. Dikatakan jika beruntung karena terkadang danau dan air terjun tersebut hanya sedikit saja dialiri air.

  • Tsagaan suwarga

Tsagaan suwarga

Dalam artian bebas, Tsagaan suwarga adalah sebuah Stupa Putih yang mana terbuat dari batuan gamping dengan strukturnya menjulang dan juga bebatuan dari zaman purba. Salah satu hal yang dapat dianggap sebagai suatu keajaiban adalah bebatuan purba tersebut dapat berubah-ubah warna dari putih kemudian menjadi kuning dan setelah itu merah muda kemudian merah menyala.

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Saat Berlibur ke Kepulauan Cocos

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Saat Berlibur ke Kepulauan Cocos

Jika berbicara mengenai Asia, maka ada banyak sekali negara-negara yang terdapat di dalamnya. Salah satu negara di Asia yang tak banyak orang yang mengetahuinya adalah Cocos (Keeling) Islands atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan nama Kepulauan Cocos (Keeling). Daerah ini bukanlah sebuah negara yang berdiri sendiri melainkan masih menjadi bagian dari Australia, namun diberikan hak penuh untuk mengelola daerah sendiri.

Sebelum melanjutkan penjabaran mengenai destinasi wisata di Kepulauan Cocos (Keeling), ada baiknya bagi kamu untuk tidak bingung dengan Cocos Island yang terletak di wilayah Costa Rica atau Coco Island yang ada di wilayah Myanmar. Memang namanya hampir mirip namun Kepulauan Cocos (Keeling) adalah wilayah sendiri yang terletak di dekat Pulau Sumatra.

Walaupun hanyalah sebuah kepulauan kecil dan namanya juga tidak seterkenal Maldives atau bahkan Pulau Christmas, namun siapa sangka Kepulauan Cocos (Keeling) ini memiliki tempat-tempat menarik yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata. Nah, berikut ini adalah apa saja yang dapat dilakukan ketika berlibur ke Kepulauan Cocos (Keeling).

  • Memancing bonefish

Memancing bonefish

Ada satu hal yang menarik dan banyak dilakukan oleh para turis yang sedang berkunjung ke Kepulauan Cocos (Keeling), yaitu memancing bonefish atau sebuah ikan yang dapat tumbuh dengan panjang maksimal 1 meter. Ikan ini rata-rata bersemayam di laguna di sekitar Kepulauan Cocos (Keeling) dan para turis dapat memancingnya dari atas perahu. Bulan Desember sampai Maret adalah musim yang tepat untuk berburu ikan satu ini.

  • Bermain layang-layang

Bermain layang-layang

Rata-rata tepian pantai di Kepulauan Cocos (Keeling) memiliki jarak yang cukup jauh sebelum akhirnya menuju laut bebas. Dikarenakan hal itu, banyak turis yang datang ke tempat tersebut sangat nyaman untuk bermain-main di sepanjang pinggiran pantai karena selain bersih juga sangat jernih airnya. Juga sangat jarang ada bebatuan karang yang tersembunyi di balik pasir putih di pantai-pantai Kepulauan Cocos (Keeling). Oleh karenanya, bermain layang-layang di pinggiran pantai Kepulauan Cocos (Keeling) adalah salah satu hal yang menarik untuk dicoba. Pasalnya dengan memanfaatkan angin pantai yang kencang, maka layang-layang dapat dengan cepat membumbung ke langit.

  • Kitesurfing

Kitesurfing

Selain bermain layang-layang, ada satu hal menarik lainnya yang sangat disayangkan jika dilewatkan ketika sedang berlibur ke Kepulauan Cocos (Keeling). Hal menarik tersebut adalah kitesurfing. Jika kamu tidak pernah terbang di udara dengan menggunakan parasut dan ditarik oleh kapal boat, jangan khawatir karena setiap bulan Juni sampai Oktober ada kelas khusus untuk hal tersebut. Jadi kamu dapat saja terbang ke Kepulauan Cocos (Keeling) untuk belajar sekaligus berlibur.

  • Diving

Diving

Keindahan wisata bawah air di Kepulauan Cocos (Keeling) juga termasuk hal yang menarik untuk dinikmati. Bahkan taman bawah air di Kepulauan Cocos (Keeling) termasuk salah satu tempat diving terbagus di dunia. Ketika diving di perairan Kepulauan Cocos (Keeling), maka kamu dapat menjumpai sekawanan kura-kura hijau, manta, ikan lumba-lumba sampai dengan ikan hiu . Bahkan jika beruntung, kamu dapat menjumpai Cocos pygmy angelfish yang menjadi ikan endemik tempat tersebut.

  • Safari Canoe

Safari Canoe

Seperti yang disebutkan di atas di mana jarak antara bibir pantai dan lautan lepas terpaut cukup jauh, maka pengelola pantai di Kepulauan Cocos (Keeling) memanfaatkannya untuk membuat safari canoe. Safari canoe ini digunakan sebagai sarana menjelajahi kepulauan sebelah selatan dari Kepulauan Cocos (Keeling). Safari canoe ini memiliki durasi yang cukup lama, yaitu sekitar 4 samapi 5 jam, namun tergantung dengan cuaca dan harinya.

4 Bangunan Bersejarah yang Sangat Layak Dikunjungi di Jepang

4 Bangunan Bersejarah yang Sangat Layak Dikunjungi di Jepang

Seperti halnya di banyak kota di Jepang, di Hamamatsu yang terletak di Shizuoka Prefecture ini juga memiliki banyak tempat bersejarah. Dari semua tempat bersejarah tersebut, ada beberapa di antaranya berupa tempat yang di atasnya berdiri sebuah kuil atau istana yang dibangun sejak berabad-abad lalu. Nah, berikut ini adalah beberapa kuil atau istana yang dapat kamu kunjungi ketika berlibur ke Hamamatsu, Shizuoka, Jepang.

  •  Ryotanji

Ryotanji merupakan salah satu kuil tertua dan kuno yang masih terawat sampai sekarang. Kuil ini dibangun di era Nara yang mana sebenarnya merupakan kuil Keluarga Naosuke Li dan telah bergenerasi ke generasi menggunakannya. Naosuke Li sendiri merupakan seorang perdana menteri yang memimpin terbukanya Jepang untuk dapat menerima segala hal dari luar negeri di era akhir ke-shogunan Tokugawa.

Ryotanji

Untuk menuju kuil ini menggunakan transportasi umum, kamu dapat menggunakan bus dengan jurusan Okutama di pos nomor 15 di Hamamatsu Station. Setelah itu, turunlah di terminal Jinguuji dan kemudian jalan dari tempat tersebut ke Ryotanji sekitar 10 menit. Lokasi Ryotanji adalah di daerah Inasa yang mana buka dari pukul 09.00 sampai 16.30 waktu setempat.

  • Hōkō-ji

Sampai sekarang ini, belum diketahui pasti kapan kuil Hōkō-ji ini dibangun, namun menurut catatan sejarah, kuil tersebut pertama kali ditemukan adalah pada tahun 1371 oleh Pangeran Mumon atau seorang anak laki-laki dari Kaisar Go-Daigo. Di tempat ini, kamu daoat merasakan ketenangan dan kedamaian. Dikarenakan hal itu, tidak heran banyak orang yang belajar untuk mendalami meditasi ala Zen.

Hōkō-ji

Untuk menuju kuil Hōkō-ji menggunakan transportasi umum, kamu hanya perlu naik bus jurusan Okutama di terminal 15 dan kemudian turun di terminal Okuyama di Inasa dan hanya perlu berjalan beberapa menit saja untuk dapat sampai di kuil Hōkō-ji.

  • Kanzanji

Kuil Kanzanji merupakan kuil yang terletak di kaki Gunung Tateyama. Konon, kuil ini didirikan oleh Kukai atau Kobo Daishi pada tahun 810 yang menjadi cabang dari kuil Shooyouji di Gunung Akihasan. Ketika berjalan-jalan di sekitaran kuil, maka kamu akan dapat menikmati keindahan Danau Hamana atau juga mengunjungi beberapa tempat menarik lain seperti Atago Shrine, Enmusubi Jizouson, Kanzanji Seishi Kannon Bosatsu sampai dengan Ana Daishi.

Kanzanji

Untuk menuju tempat ini menggunakan transportasi umum, kamu dapat naik bus dengan jurusan Kanzanji Osen atau juga Murakushi di line 1. Setelah itu dari Kanzanji Onsen, kamu hanya perlu berjalan kaki menelusuri jalanan yang telah disediakan selama 10 menit untuk dapat sampai di depan Kuil Kanzanji.

  • Hamamatsu Castle

Dapat dikatakan bangunan kuno peninggalan zaman Edo ini adalah salah satu pusat wisata dan icon darin Kota Hamamatsu. Bangunan yang berdinding batu tersebut dibangun oleh Tokugawa Ieyasu sebagai salah satu pemimpin Jepang di tahun 1560-an. Dan Tokugawa Ieyasu kemudian mendirikan kastil ini untuk dapat melihat lautan Pasifik dari kejauhan dan juga memantau pergerakan musuh yang mendekati kawasan Hamamatsu. Sekarang ini bangunan Hamamatsu Castle ini masih terjaga dan terawat dengan apik.

Hamamatsu Castle

Untuk apat mengaksesnya cukup mudah karena letak dari Hamamatsu Castle ada di dekat tengah kota, tepatnya di daerah Naka-ku yang dapat dijangkau dengan naik bus dari Hamamatsu Station. Kastil ini dapat dimasuki dari setiap hari dari pukul 8.30 sampai 16.30 waktu setempat.

Bagaimana, ada yang tertarik untuk mengunjungi salah satu dari bangunan bersejarah di Hamamatsu ini?

Traveling Saat Hamil Boleh Saja, Asal Lakukan Hal Ini !

Banyak orang yang menganggap kehamilan sebagai sebuah penghalang untuk beraktivitas. Terkecuali kamu didiagnosa harus beristirahat total oleh dokter, momen hamil sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal menyenangkan seperti traveling. Ya, banyak sekali kok, wanita hamil yang memanfaatkan waktu menunggu kelahiran si bayi dengan berjalan-jalan berdua bareng suami atau biasa dikenal dengan nama babymoon, alias honeymoon yang dilakukan ketika sedang hamil.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh wanita hamil sebelum melakukan perjalanan. Simak informasinya berikut ini:

Minta persetujuan dokter

sebelum Traveling Minta persetujuan dokter lebih baik

Hal pertama dan yang sangat wajib dilakukan sebelum mulai traveling adalah memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, wanita hamil diperbolehkan melakukan perjalanan yang cukup jauh di trimester ke dua, antara 4 hingga 6 bulan di saat kondisi kandungan sudah cukup kuat. Di masa tersebut biasanya morning sickness juga sudah terlewati sehingga tubuh lebih fit. Namun tetap saja, walau kamu merasa kondisi fisikmu cukup baik, tetap harus mendapat persetujuan dari dokter terlebih dahulu sebelum traveling, apalagi kalau kamu akan naik pesawat. Saat di bandara nanti kamu juga akan dimintai surat kelayakan terbang yang dikeluarkan oleh dokter.

Kenali kondisi diri sendiri untuk menentukan lokasi traveling

Kenali kondisi diri sendiri untuk menentukan lokasi traveling

Setelah mendapat persetujuan dari dokter, kamu harus bisa mengetahui kondisimu sendiri dan menyesuaikannya dengan tempat tujuan liburan. Kalau selama hamil kamu cenderung mudah kegerahan, maka ada baiknya menghindari pantai dan memiliki lokasi dataran tinggi untuk traveling. Jika kamu tidak terlalu kuat berjalan karena merasa mudah lelah, jangan memilih tujuan liburan yang sebagian besar rutenya harus ditempuh dengan berjalan kaki. Jangan sampai karena kamu tidak peka dengan kondisimu sendiri, traveling yang harusnya menyenangkan berubah jadi bencana.

Jangan buat jadwal yang terlalu ketat

Jangan buat jadwal yang terlalu ketat , atur terlebih dahulu

Dulu kamu mungkin bisa menjelajahi lebih dari 5 lokasi berbeda dalam satu hari. Kamu mungkin tak masalah meski telat makan atau tidur hanya 2 jam sehari demi bisa melihat objek-objek menarik di suatu tempat. Tapi saat hamil, semuanya berbeda. Kamu harus makan teratur, tidur cukup, dan beristirahat secara berkala untuk menjaga kondisi tubuh. Bahkan janin di dalam kandungan juga bisa merasa stres lho, kalau kamu melakukan terlalu banyak hal sekaligus. Maka dari itu, jangan membuat jadwal yang terlalu padat dan perbanyak waktu untuk beristirahat.

Bawa benda-benda yang membuatmu nyaman

Bawa benda-benda yang diperlukan diperjalanan nanti

Supaya traveling lebih nyaman dan menyenangkan, pastikan kamu membawa benda-benda yang bisa membuatmu lebih nyaman. Jangan ragu mengemas lebih banyak kaos oblong kalau kamu memang kurang suka berjalan-jalan dengan blus yang modelnya terlalu ribet. Tak ada salahnya juga membawa bantal atau selimut sendiri kalau kamu merasa itu bisa membuat tidurmu lebih nyenyak. Atau kamu sering ngidam masakan mama? Boleh juga, membawa bekal masakan ibu tersayang saat traveling untuk mengobati ngidam saat kamu jauh dari rumah. Intinya, apapun yang membuatmu nyaman perlu dibawa untuk menghindari rasa stres selama hamil.

traveling Tanpa Cicipi Street Food, Ini Tips Aman Saat Mengonsumsinya!

Hal pertama yang pasti akan dilakukan saat traveling ke suatu kota atau negara pastilah makanannnya. Ya, yang namanya traveling memang tak bisa dilepaskan dari wisata kuliner. Terlebih lagi, saat ini banyak sekali makanan nikmat yang murah dan bisa didapatkan dengan mudah di pinggir jalan yang biasanya disebut dengan street food.

Umumnya, street food sangat menggambarkan kuliner asli dari suatu tempat. Makanya street food justru banyak dipilih wisatawan meski jauh dari kesan prestis. Sayangnya, banyak juga orang yang takut mengonsumsi street food karena khawatir bakal sakit perut atau keracunan. Well, rugi sekali kalau sampai kamu melewatkan mencicipi street food saat traveling.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba supaya traveling tetap lancar meski sering jajan street food:

Cari informasi dulu tentang makanan yang akan dibeli

Cari informasi dulu tentang makanan yang akan dibeli

Kalau traveling di Indonesia, mungkin kamu bisa tahu bahan utama dari setiap street food yang dijual. Tapi bagaimana saat ke luar negeri? Kamu mungkin akan dibuat bingung dengan nama yang asing atau penampakannya yang tak biasa. Maka dari itu, sebelum mulai berpetualan mencari street food yang enak, biasakan untuk browsing terlebih dahulu tentang nama-nama dan bahan pembuat street food yang dijual di sana. Jadi kamu tak perlu lagi bertanya-tanya tentang bahan atau kehalalannya.

Cermati kondisi pribadi

sebelum nya kamu harus Cermati kondisi pribadi

Banyak orang yang menyalahkan street food karena dianggap tidak higienis saat terserang sakit perut atau keracunan. Padahal belum tentu semua street food itu jorok, lho. Banyak juga street food yang berkualitas baik. Hanya saja, kadang si pembeli sendiri yang kurang jeli dalam mengamati bahan yang dipakai atau mungkin juga memiliki alergi yang tidak diketahui. Jadi kalau memang kamu alergi seafood misalnya, tak usah coba-coba jajan udang bakar meski tampilannya sangat menggiurkan.

Jangan malu bertanya

jika tidak imgin terjadi masalah yang serius Jangan malu bertanya

Kebanyakan traveler pemula selalu malu atau takut untuk bertanya. Padahal tak ada salahnya kok, bertanya kepada penjualnya sebelum kamu membeli sesuatu. Misalnya saja, kamu bisa bertanya apakah makanan tersebut pedas, apakah ada bahan mentah di dalamnya, atau apakah ada kandungan yang tidak halal. Kalau kamu bertanya baik-baik, mereka juga akan dengan senang hati menjawabnya. Tapi pastikan jangan terlalu cerewet bertanya dan kemudian meninggalkan si penjual tanpa membeli sedikit pun, ya!

Perhatikan dulu penjualnya

Perhatikan dulu penjualnya

Tak ada salahnya juga untuk memperhatikan dulu si penjual sebelum membeli makanan. Kalau penjual tersebut menggunakan sapu tangan, menjaga kebersihan standnya, dan terlihat rapi dalam memasak makanan, maka kamu tak perlu ragu untuk mencoba jajanan tersebut. Tapi kalau si penjual telrihat jorok dan standnya pun tampak kotor, lebih baik kamu cari tempat lain yang lebih terpercaya. Pastikan saat memperhatikan hal ini kamu melakukannya secara diam-diam, ya. Sebab jika dilakukan terang-terangan bisa jadi si penjual akan merasa tersinggung.

Jangan mulai dengan perut kosong

Kamu mungkin sengaja mengosongkan perut supaya bisa mencoba makanan baru sebanyak mungkin. Tapi hal ini malah bisa membuatmu terserang sakit perut. Jadi sebelum melakukan petualangan kuliner, tak ada salahnya mengisi perut dulu di hotel dengan makanan yang pasti aman seperti nasi, pasta, atau roti.

Siap memulai perjalanan dengan mencicipi berbagai jenis street food di daerah yang kamu datangi?

sebelum melakukan penerbangan jangan makan dan minuman ini

Pesawat memang merupakan pilihan alat transportasi terbaik untuk traveling. Selain cepat sampai ke tujuan, pesawat juga jauh lebih nyaman dibanding alat transportasi lain. Tapi ketenanganmu di pesawat juga bisa terganggu lho, jika mengonsumsi  makanan dan minuman yang salah. Ya, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum penerbangan. Berikut informasi lengkapnya:

Sambal

menu lahap satu ini memang bikin doyan , namun jangan makan di saat sedang melakukan penerbangan

Hmm, memang nikmat sekali yang bersantap dengan nasi hangat ditambah sambal. Meski lauknya cuma telur ceplok, bisa dipastikan makan akan tetap lahap. Orang Indonesia memang sangat susah dipisahkan dari sambal. Tapi kalau kamu akan terbang dengan pesawat, usahakan untuk tidak mengonsumsi sambal dan makanan pedas lainnya minimal 24 jam sebelum keberangkatan. Hal ini dikarenakan makanan pedas bisa memicu reaksi di perut, baik itu maag atau diare. Tak terbayangkan kalau kamu harus menahan lambung pering selama di pesawat atau bahkan bolak-balik ke kamar mandi karena diare.

Gorengan

disarankan untuk tidak memakan gorengan saat hendak berangkat

Selain sambal, orang Indonesia paling tak bisa absen dari yang namanya gorengan. Apapun kalau sudah digoreng, pasti rasanya lebih nikmat. Tapi gorengan ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum terbang. Gorengan bisa memicu rasa mual dan tidak nyaman di lambung yang akan lebih terasa saat kamu berada di ketinggian. Jadi kalau biasa, berhenti dulu deh makan gorengan saat akan bepergian dengan pesawat!

Junk food

junk food memang pilihan ketika lapar di Pesawat , namun akan membuat perutmu sakit

Ketika lapar di bandara, junk food mungkin akan jadi pilihan pertama untuk disantap. Rasanya enak, penyajiannya juga tergolong cepat menjadi alasan junk food banyak dipilih. Tapi junk food ini akan membuat perut terasa tak nyaman dan bisa memicu penumpukan gas berlebih di perut. Kamu tak mau kan, terus kentut saat berada di dalam pesawat? Selain tak nyaman, tentu hal tersebut juga sangat memalukan jika sampai terjadi.

Kacang-kacangan

kacang memang cemilan paling nikmat , jika didalam pesawat harap untuk menghindari kacang

Berbagai jenis camilan berbahand asar kacang memang selalu bikin ketagihan. Tak heran kalau banyak sekali orang yang sulit move on dari camilan berbahan dasar kacang ini. Tapi yang perlu kamu tahu, kacang-kacangan termasuk makanan yang menghasilkan banyak gas saat dikonsumsi. Jadi ketika kamu menyantapnya berlebihan, kamu akan cenderung mudah kentut. Hal tersebut tentu menimbulkan rasa tidak nyaman ketika kamu harus bepergian dengan pesawat. Selain kacang-kacangan, makanan lain yang juga memiliki banyak gas adalah roti, susu sapi, dan bawang.

Minuman beralkohol

disarankan jika anda ingin melakukan perjalan menggunakan pesawat tidak minuman beralkohol

Jangan sekali-kali mengonsumsi minuman beralkohol ketika akan terbang. Alkohol bisa membuatmu lebih mudah pusing dan mengalami mabuk udara. Tentu kamu akan sangat tidak nyaman jika merasa mual dan mengalami muntah-muntah ketika berada di dalam pesawat. Kehilangan kesadaran juga bisa terjadi saat kamu menenggak terlalu banyak minuma beralkohol sebelum terbang.

Minuman bersoda

saat sedang akan melakukan penerbangan hindari minuman bersoda

Minuman dingin dan bersoda memang sangat menyegarkan. Tapi untuk kamu yang memiliki perut sensitif, minuman bersoda bisa menyebabkan kembung jika dikonsumsi tepat sebelum terbang. Pasti akan tidak nyaman sekali rasanya jika berada di ketinggian dengan perut kembung.