7 Wisata Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Korea Utara

Jika dibandingkan dengan Korea Selatan, Korea Utara dapat dikatakan sangat terbelakang dari segala hal. Pasalnya, semua hal yang ada dan berlaku di masyarakat harus sesuai dengan yang dianjurkan, dicontohkan atau diperintahkan oleh negara. Ada sanksi yang serius bagi yang melanggar aturan yang telah ditetapkan.

Tidak hanya kaku dan otoriter, Pemerintah Korea Utara juga terkesan mengasingkan diri dari hingar bingar dunia luar. Oleh karenanya, perkembangan dan kemajuan peradaban di Korea Utara seakan berhenti atau berjalan di tempat di mana banyak negara lain yang sudah berkembang pesat.

Walaupun begitu, bukan berarti Korea Utara bukanlah negara yang tidak layak dikungjungi. Ada beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika kamu mendapatkan kesempatan untuk pergi ke negara ini. Berikut daftarnya.

  • Kumsusan Memorial Palace

Kumsusan Memorial Palace

Kumsusan Memorial Palace adalah sebuah tempat bersejarah yang terletak di Pyongyang. Memang di Pyongyang ada banyak sekali bangunan bersejarah, namun Kumsusan adalah salah satu yang paling terkenal di antaranya.

  • Kim Il-sung Square

Kim Il-sung Square

Masih di Pyongyang, terdapat sebuah lapangan besar yang terletak di tengah-tengah kota yang dinamakan Kim Il-sung Square. Lapangan berbentuk kotak ini memiliki luas sekitar 75 ribu meter kibik dan mampu menampung lebih dari 100 ribu orang jika berdiri dan berjajar secara rapi di dalamnya. Lapangan satu ini sangat terkenal di Korea Selatan karena sering kali parade militer digelar di tempat tersebut.

  • North Korea Peace Museum

North Korea Peace Museum

Keluar dari Pyongyang, tepatnya di Panmunjeom, terdapat sebuah museum yang bernama North Korea Peace Museum. Tempat ini terletak di dekat Joint Security Area di area demilitarized. Banyak senjata-senjata yang digunakan pada saat Perang Dunia sampai dengan Perang Korea dipamerkan di museum ini.

  • Tomb of King Tongmyong

Tomb of King Tongmyong

Kembali ke Pyongyang, ada sebuah kuil yang dinamakan Tomb of King Tongmyong. Secara total ada lebih dari 60 nisan di daerah ini. Nisan-nisan tersebut merupakan penanda dari makam para raja atau petinggi kerajaan di era kerajaan dahulu. Oleh karenanya, Tomb of King Tongmyong cukup terkenal di Korea Utara.

  • Arch of Triumph

Arch of Triumph

Di Kediri ada sebuah bangunan yang mirip dengan Arc de Triomphe di Paris, Prancis atau Arc de Triomf di Barcelona, Spanyol, yaitu Monumen Simpang Lima Gumul. Ternyata mirip dengan yang ada di Paris, Barcelona atau di Kediri tersebut, di Korea Utara sendiri juga terdapat bangunan sejenis yang dinamakan Arch of Triumph. Bangunan yang terletak di Pyongyang ini dibangun sebagai bentuk tribut kepada perlawanan masyarakat Korea terhadap kekejaman pasukan Jepang tidak hanya pada saat terjadinya Perang Dunia II, melainkan jauh sebelum itu. Arch of Triumph ini dapat dikatakan sebagai tribute arc terbesar di Korea Utara dengan ketinggian nyaris menyampai 60 meter.

  • Pegunungan Changbai

Pegunungan Changbai

Terletak di perbatasan antara Korea Utara dan Cina, terdapat pegunungan yang dikenal dengan nama Pegunungan Changbai. Pegunungan ini kabarnya juga diklaim oleh pihak Rusia. Sayangnya, walaupun bagus, namun justru lebih banyak turis yang berasal dari Cina yang datang ke tempat ini.

  • Juche Tower

Juche Tower

Masih di Pyongyang, terdapat sebuah bangunan tinggi menjulang yang bernama Juche Tower. Menara tersebut merupakan sebuah monumen untuk menunjukkan kehebatan Korea Utara di mata dunia. Ketika memasuki bagian dalam dari Juche Tower, maka kamu dapat melihat pemandangan Pyongyang secara keseluruhan. Tentunya ketika di siang hari melihatnya.