5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Saat Berlibur ke Kepulauan Cocos

Jika berbicara mengenai Asia, maka ada banyak sekali negara-negara yang terdapat di dalamnya. Salah satu negara di Asia yang tak banyak orang yang mengetahuinya adalah Cocos (Keeling) Islands atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan nama Kepulauan Cocos (Keeling). Daerah ini bukanlah sebuah negara yang berdiri sendiri melainkan masih menjadi bagian dari Australia, namun diberikan hak penuh untuk mengelola daerah sendiri.

Sebelum melanjutkan penjabaran mengenai destinasi wisata di Kepulauan Cocos (Keeling), ada baiknya bagi kamu untuk tidak bingung dengan Cocos Island yang terletak di wilayah Costa Rica atau Coco Island yang ada di wilayah Myanmar. Memang namanya hampir mirip namun Kepulauan Cocos (Keeling) adalah wilayah sendiri yang terletak di dekat Pulau Sumatra.

Walaupun hanyalah sebuah kepulauan kecil dan namanya juga tidak seterkenal Maldives atau bahkan Pulau Christmas, namun siapa sangka Kepulauan Cocos (Keeling) ini memiliki tempat-tempat menarik yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata. Nah, berikut ini adalah apa saja yang dapat dilakukan ketika berlibur ke Kepulauan Cocos (Keeling).

  • Memancing bonefish

Memancing bonefish

Ada satu hal yang menarik dan banyak dilakukan oleh para turis yang sedang berkunjung ke Kepulauan Cocos (Keeling), yaitu memancing bonefish atau sebuah ikan yang dapat tumbuh dengan panjang maksimal 1 meter. Ikan ini rata-rata bersemayam di laguna di sekitar Kepulauan Cocos (Keeling) dan para turis dapat memancingnya dari atas perahu. Bulan Desember sampai Maret adalah musim yang tepat untuk berburu ikan satu ini.

  • Bermain layang-layang

Bermain layang-layang

Rata-rata tepian pantai di Kepulauan Cocos (Keeling) memiliki jarak yang cukup jauh sebelum akhirnya menuju laut bebas. Dikarenakan hal itu, banyak turis yang datang ke tempat tersebut sangat nyaman untuk bermain-main di sepanjang pinggiran pantai karena selain bersih juga sangat jernih airnya. Juga sangat jarang ada bebatuan karang yang tersembunyi di balik pasir putih di pantai-pantai Kepulauan Cocos (Keeling). Oleh karenanya, bermain layang-layang di pinggiran pantai Kepulauan Cocos (Keeling) adalah salah satu hal yang menarik untuk dicoba. Pasalnya dengan memanfaatkan angin pantai yang kencang, maka layang-layang dapat dengan cepat membumbung ke langit.

  • Kitesurfing

Kitesurfing

Selain bermain layang-layang, ada satu hal menarik lainnya yang sangat disayangkan jika dilewatkan ketika sedang berlibur ke Kepulauan Cocos (Keeling). Hal menarik tersebut adalah kitesurfing. Jika kamu tidak pernah terbang di udara dengan menggunakan parasut dan ditarik oleh kapal boat, jangan khawatir karena setiap bulan Juni sampai Oktober ada kelas khusus untuk hal tersebut. Jadi kamu dapat saja terbang ke Kepulauan Cocos (Keeling) untuk belajar sekaligus berlibur.

  • Diving

Diving

Keindahan wisata bawah air di Kepulauan Cocos (Keeling) juga termasuk hal yang menarik untuk dinikmati. Bahkan taman bawah air di Kepulauan Cocos (Keeling) termasuk salah satu tempat diving terbagus di dunia. Ketika diving di perairan Kepulauan Cocos (Keeling), maka kamu dapat menjumpai sekawanan kura-kura hijau, manta, ikan lumba-lumba sampai dengan ikan hiu . Bahkan jika beruntung, kamu dapat menjumpai Cocos pygmy angelfish yang menjadi ikan endemik tempat tersebut.

  • Safari Canoe

Safari Canoe

Seperti yang disebutkan di atas di mana jarak antara bibir pantai dan lautan lepas terpaut cukup jauh, maka pengelola pantai di Kepulauan Cocos (Keeling) memanfaatkannya untuk membuat safari canoe. Safari canoe ini digunakan sebagai sarana menjelajahi kepulauan sebelah selatan dari Kepulauan Cocos (Keeling). Safari canoe ini memiliki durasi yang cukup lama, yaitu sekitar 4 samapi 5 jam, namun tergantung dengan cuaca dan harinya.